300 KK Terdampak Banjir Luapan Sungai Batang Tapan

Kondisi luapan Sungai Batang Tapan, Pesisir Selatan
Kondisi luapan Sungai Batang Tapan, Pesisir Selatan

Pessel, Editor.- Sungai Batang Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan meluap disebabkan curah hujan cukup tinggi dan banjir kiriman dari hulu, Senin (20/1).

Masyarakat yang berdomisili di dua kenagarian, yaitu Kenagarian Binjai tapan dan kampung tengah Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, yang berjumlah 300 kepala keluarga terkena dampak luapan sungai.

Tomi Tridaya, Bamus Nagari Binjai Tapan, ketika dikonfirmasi Editor membenarkan. “Air sampai ke jalan lintas dan masuk ke halaman rumah warga,” terang Tomi.

Dikatakannya, sejauh ini warga masih tetap berada di dalam rumah, dan belum ada di lakukan evakuasi. 

Sementara itu Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Herman Budiarto ketika dihubungi mengatakan, sejauh ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan camat dan walinagari setempat.

“jika memang perlu diterjunkan anggota,  BPBD Pessel siap terjunkan. Kami mengimbau masyarakat untuk waspada mengingat kondisi cuaca tidak menentu,” kata Herman. 

Selain bencana longsor, kata Herman, Kabupaten Pessel juga memiliki potensi terjadinya bencana alam lainnya. Seperti pergerakan tanah, tanah longsor, banjir. Terlebih sebagian wilayah Kabupaten Pesisir Selatan termasuk daerah rawan bencana alam.

Selain menyiagakan personel terlatih yang siap diturunkan kapan saja, kami juga melengkapi diri dengan peralatan, seperti perahu karet dan mobil lapangan. Sehingga sekecil apa pun bencana bisa diminimalisir.

Karena itu, pihaknya terus mengimbau masyarakat di lokasi kawasan rawan longsor, agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana yang bisa mengintai kapan saja.

”Ada beberapa kecamatan yang termasuk wilayah rawan longsor sehingga masyarakatnya perlu diimbau agar waspada. Seperti Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara, Batang Kapas. **Findo/Rio

495 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*