22 Mahasiswa UNP Ikuti Diklat SARCA Ke-36

Mahasiswa UNP yang mengikuti Diklat SARCA.
Mahasiswa UNP yang mengikuti Diklat SARCA.

Padang, Editor.- Melahirkan generasi muda yang peka terhadap masalah kemanusiaan dan ikut berpartisipasi secara nyata dalam menjaga alam dan lingkungan Indonesia, membuat Unit Kegaiatan Mahasiswa Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (MPALH) Universitas Negeri Padang (UNP) terus menggulirkan Pendidikan dan Latihan Dasar Cinta Alam (Diklat SARCA). MPALH UNP mencatat Diklat SARCA telah berlangsung sebanyak 36 kali.

Pembukaan Diklat Lapangan SARCA ke-36 langsung oleh Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UNP, Kampus Air Tawar Padang, Selasa (7/1/2020).

Prof Ardipal dalam sambutannya mengatakan, melalui Diklat Sarca yang dilaksanakan oleh MPALH UNP ini adalah salah satu memacu semangat untuk lebih mencintai tanah air. Indonesia membutuhkan banyak pemuda yang sadar dengan lingkungan alam untuk pelestarian lingkungan.

“Kepada peserta saya berharap selalu menjaga kekompakan karena selama mengikuti Diklat Lapangan tentu banyak hal suka dan dukanya dilapangan. Untuk itu kepada peserta senantiasa menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung,” ujar Ardipal yang sekaligus melepasa para mahasiswa UNP yang beraktivitas di UK-MPALH ini.

Ardipal menyebut, dengan tema kegiatan yang diusung “Melahirkan Generasi Berjiwa Pemimpin yang Peduli Lingkungan” pihaknya yakin sebanyak 22 peserta yang terseleksi bisa menuntaskan materi dan praktek yang telah diprogramkan.

“Banyak generasi muda yang menjadi mahasiswa UNP, namun yang fokus menggeluti cinta alam tahun 2020 hanya yang mengikuti Diklat SARCA. Semoga sukses selama dilapangan dan selamat jalan,” tutur Ardipal, didampingi pembina UK-MPALH, Dr Erianjoni dan bagian Kemahasiswaan UNP, Syamsul Bahri.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pengurus Harian MPALH UNP, Anggi Mutiara mengatakan tujuan dari kegiatan ini, selain regenerasi keanggotaan dan upaya penyaringan calon anggota baru MPALH UNP,  juga sebagai seleksi kaderisasi anggota yang mempunyai dedikasi dan loyalitas yg tinggi terhadap organisasi, sesama anggota, dan masyarakat luas pada umumnya.

“Semoga melalui Diklat ini kami mendapatkan anggota yang memiliki kemampuan tinggi dalam sikap, mental, fisik, keterampilan berpikir dan bertindak agar mampu mengembangkan diri dan peduli terhadap lingkungan serta peka terhadap masalah kemanusiaan, alam dan lingkungan dengan baktinya tanpa pamrih,” harapnya didampingi Refinata Fiksi salah seorang senior MPALH UNP.

Sementara itu, Kepala Sekolah kegiatan ini, Sukri Mansyah melaporkan untuk kegiatan Diklat ini, pihaknya didukung Rina Fitriani sebagai Sekretaris, Yois Afati (Bendahara) dan untuk kelancaran dilapangan dibantu oleh Irvan Febri Ariesta dan Dio Hardiyon.

Lebih rinci Sukri menjelaskan proses pendaftaran telah berlangsung 23 september – 11 Oktober 2019 lalu dan 14 oktober – 1 november. Pembukaan Diklar SARCA 2 November dan ditindaklanjuti dengan latihan fisik 3 november-27  Desember 2019 dan pada 29-31 Desember 2019 lalu telah dilaksanakan Diklat ruangan. Pada tanggal 2-3 januari 2020 peserta telah melaksanakan cek kesehatan dan 4-5  januari 2020 cek perlengkapan dan logistik.

“Pada tanggal 7 – 17 Januari 2020 mendatang sebanyak 22 anggota akan mengikuti Diklat lapangan. Selama tanggal 7-9 peserta  menerima materi dan praktek di lokasi start bertempat di Batu Gadang,

materinya diantaranya survival, caving/penelusuran goa, rock climbing/panjat tebing, navigasi darat, talitemali, penyeberangan basah dan lingkungan hidup,” rincinya.

Selanjutnya tangal 9-15 januari, sambung Sukri peserta melakukan perjalanan dari batu gadang dan finish di batu busuak guna mempraktekkan ilmu navigasi darat dan survival. Dalam perjalanan ini siswa dibagi menjadi 5 tim dan masing-masing tim didampingi oleh 2 pendamping (senior) dan

15-17 januari camp di lokasi finish, bertempat di Batu Busuk dan diakhiri dengan melanjutkan materi survival dan serta pelantikan akan dilaksanakan di tanggal 17 Januari 2020 mendatang. ** Agusmardi/Humas UNP

161 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*