22-24 Pebruari 2018, Tapak Suci Akan Gelar Muktamar XV di Makassar

Pertemuan mempersiapkan Muktamar Tapak Suci di Makassar.
Pertemuan mempersiapkan Muktamar Tapak Suci di Makassar.

Makassar, Editor.-  Muktamar XV Tapak Suci (TS), salah satu aliran silat di Indonesia akan diselenggarakan di di Kampus Universsitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan, mulai 22 sampai dengan24 Februari 2018.

Pada kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan besar yang akan berlangsung. Hari pertama, 22 Februari, akan dilaksanakan sidang Tanwir dengan agenda utama pemilihan 27 calon yang akan disaring untuk masuk dalam tim formatur. Sidang Tanwir adalah penyerahan laporan pimpinan wilayah se-Indonesia, serta penetapan rancangan program pengurus periode 2018-2023 dan perubahan AD/ART Organisasi. Setelah sidang Tanwir, dilanjutkan dengan muktamar sebagai kegiatan inti pertemuan lima tahunan para pendekar se-Indonesia.

Diagendakan juga kehadiran Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia, Prabowo Subianto sekaligus membuka Muktamar XV TS Putera Muhammadiyah.

Selain iu, sejumlah pendekar TS juga diharapkan dapat hadir antara lain Anies Baswedan.

Hari kedua muktamar yang berlangsung Sabtu 24 Februari, akan diisi dengan sidang-sidang pleno.

Antara lain pengesahan 9 formatur yang akan bertugas memilih Pimpinan Pusat. Pleno selanjutnya akan diisi oleh tim formatur untuk memilih Ketua Umum PP TS Putera Muhammadiyah periode 2018-2023.

“Setelah pimpinan pusat terpilih, maka berakhirlah sidang Muktamar XV TS Putera Muhammadiyah,” jelas Wakil Sekretaris Panitia Muktamar, HM Husni Yunus.

 Persiapan Sudah Matang

Pada H-4 pelaksanaan Muktamar XV Tapak Suci Putera Muhammadiyah, berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh panitia, khususnya panitia daerah Sulawesi Selatan yang bertindak selaku tuan rumah.

Muktamar ini  sekaligus menjadi ajang berkumpulnya para pendekar pencak silat se-Indonesia, yang pelaksanaannya dipusatkan di Kampus Unismuh Makassar.

 

Ketua Panitia Daerah Sulsel, Imam Suyudi membeberkan kesiapan panitia dalam menyambut para pendekar se tanah air yang akan memerahkan Makassar selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu minggu ini.

Menurut Imam, para pendekar mulai berdatangan di Makassar pada 19 Februari besok. Sebanyak 50 Pengurus Pusat Tapak Suci (PP-TS) akan tiba lebih awal di Makassar untuk melakukan konsolidasi dengan Pengurus Wilayah TS Sulsel sebagai tuan rumah.

Senin (19 Februari) besok, jelas Imam, juga akan dilaksanakan gladi bersih untuk memantapkan persiapan pembukaan Muktamar, yang akan digelar pada 23 Februari.

Sebagai informasi, selama tiga hari (22-24 Februari), dua agenda penting akan digelar yaitu, Sidang Tanwir (Kamis, 22 Februari) dan Muktamar (Jumat-Sabtu, 23-24 Februari).

Dalam pembukaan Muktamar, Jumat mendatang, telah disusun berbagai acara. Salah satu kegiatan pendukung yang akan tampil adalah atraksi pencak silat oleh para pendekar dan paduan suara yang melibatkan santri dari Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin.

“Kita akan menampilkan kreativitas dan keunggulan para pendekar tanah air, sebagai salah satu asset negeri ini,” kata Imam.

Persiapan panitia daerah saat ini, menurut Imam, sudah cukup matang. Panitia telah mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan, mulai dari penyediaan hotel tempat para pendekar akan menginap, penjemputan para tamu sejak dari bandara dan selama pelaksaaan kegiatan berlangsung, konsumsi, persiapan acara dan sebagainya.

“Kita harapkan, Muktamar dapat berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Mengenai agenda Tanwir dan Muktamar, Imam menjelaskan bahwa Tanwir akan diikuti sebanyak 150 orang yang terdiri dari unsur 34 Pimpinan Wilayah (Pimwil) se-Indonesia.

“Setiap  Pimwil diwakili masing-masing tiga orang ditambah dengan unsur PP-TS,” jelas Imam seraya menambahkan bahwa dalam Sidang Tanwir mengagenda pengesahan beberapa keputusan untuk selanjutnya dibawa ke sidang muktamar.

Muktamar yang akan berlangsung selama dua hari (23-24/2), akan dihadiri dari unsur PP-TS, perwakilan Pimwil masing-masing tiga orang, dan unsur Pimpinan Daerah (Pimpda) kabupaten/kota, juga masing-masing sebanyak tiga orang. ** Hurriah/Rell

 

 

934 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*