180 UMKM Kabupaten dan Kota Solok Ikuti Program Sinergi Kementrian Koperasi dan UKM

Panyakalan, Editor.- Sebanyak 180 orang  pengrajin UMKM Kabupaten dan Kota Solok mengikuti program sinergi antara kementrian koperasi UKM dengan 10 stakeholder, dalam hal ini Dekranas dan Dekranasda, dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan UKM pengrajin dalam meningkatkan kinerja usahanya sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun pasar domestik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Batik Panyakalan, Kecamatan Kubung, Rabu (6/9)  ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para UKM dalam meningkatkan kualitas produk, pengetahuan dan pemahaman baik tentang perkoperasian dan kewirausahaan serta pengembangan jaringan pemasaran. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama 3 Deputi pada Kementerian Koperasi dan UKM. Antara lain Deputi Produksi dan Pemasaran,Deputi Restrukturisasi Usaha,  dan Deputi Pengembangan Sumber Daya KUKM.

Standarisasi dan serfitifikasi produk, untuk kegiatan ini dilakukan dengan membuka gerai pendaftaran bagi pengrajin yang akan mengkuti sertifikasi. Pelaksaan kegiatan dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Hotel Taufina, Caredek dan Mami Hotel.

“Kegiatan Sinergi ini memiliki nilai yang sangat strategis,  pemerintah berperan dalam memfisilitasi, memperkuat dan memberikan perlindungan usaha bagi para pengrajin,” jelas Ir. Abdul Kadir Manik, MM, ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Sementara itu Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM dalam arahannya mengatakan, Kab. Solok punya visi membangun ekonomi kerakyatan dan pariwisata. Salah satu bentuk ekonomi kerakyatan adalah membina UKM pengusaha lokal,  kerajinan makanan.

“Yang sudah menonjol adalah batik Panyakalan dan tenun Solok nan Indah di Sungai Jambua dan kita akan bangun kampung tenun di sana. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini akan sangat membantu sekali bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah,” kata Gusmal.

Ikut memberi kata sambutan Ketua Bidang Managemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga dan Ketua Dekransda Prov Sumbar  Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno yang pada intinya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena akan membantu para pelaku UKM.

Hadir pada kegiatan ini Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha  Ir. Abdul Kadir Manik, MM, Deputi Bidang Pembiayaan  Ir. Yuana Sutyowati Barnas, MM, Direktur Utama LLP- KUKM  Ir. Emilia Suhaimi, MM, Bupati Solok  H. Gusmal, SE, MM, Walikota Solok Zul Efian, Ketua Dekransda Prov Sumbar Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Wakil Ketua Dekransda Prov Sumbar Hj. Wartawati, M.Pd, dan Ketua Dekransda Kab Solok  Ny. Desnadevi Gusmal, SH. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

753 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*