110 Guru SMP di Mentawai Ikuti Bimtek

Tua Pejat, Editor.- Sebanyak 110 orang guru ditingkat SMP menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemkab Mentawai.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Mentawai Dominikus Saleleubaja, bahwa menjadi guru profesional butuh perjuangan pa jang. Dengan pendidikan dan pelatihan guru kontrak daerah diharapkan bisa memberokan mutu pendidikan yanh baik bagi siswa nya.

Lebih jauh dikatan Dominikus, selama ini pendidikan dan pelatihan biasanya diberikan kepada guru Pegawai Negeri Sipil saja, namun dengan semakin banyaknya kebutuhan tenaga guru di daerah, setiap guru kontrak juga hatus diberi bimbingan teknik supaya lebih berkompeten dalam mengajar.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih melakukan rekrutmen tenaga kontrak daerah bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai. Hal ini juga untuk menjawab keluhan dan kebutuhan masyarakat di daerah- daerah.

Dijelaskan Dominikus, pendidikan adalah kunci gerbang kehidupan masa depan anak- anak bangsa, khususnya, khususnya di kabupaten kepulauan Mentawai yang masih rendah Sumber Daya Manusia sebagai tenaga pendidik. Karena itu diminta kepada guru kontrak agar mencintai profesinya sehingga menghasilkan pendidikan yang diharapkan masyarakat banyak.

Pelatihan ini seiring dengan program Bupati Yudas Sabaggalet yang ingin mencerdaskan masyarakat Mentawai sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia yang berkwalitas. Selama ini dijelaskan Dominikus, masih ada kasus yang ditemukan dilapangan dimana ketika guru kontrak mengalami kesulitan dalam memberikan materi kepada siswanya, ia begitu saja pergi meninggalkan ruangan kelas .

Untuk kedepannya diharapkan hal yang seperti diatas tidak terjadi lagi. Inilah gunanya Dinas Pendidikan untuk mencari solusi dengan.memberikan pelatihan pendidikan kepada guru kontrak, ujar Dominikus.

Setiap guru kontrak didaerah dijelaskan Dominikus, akan dievaluasi sekali setahun untuk perpanjangan kontraknya.Dalam evaluasi itu akan dinilai apakah guru tersebut sudah menunjukkan kinerjanya dalam menyampaikan ilmunya kepada siswa atau belum.Dalam hal ini kita dapat mengambil keputusan apakah kontraknya dapat diperpanjang atau tidak tergantung dari hasil evaluasi itu. ** Daniwarti

1813 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*