1.319 Tahfidz Diwisuda, Bupati Gusmal Deklarasikan Kab. Solok Jadi Kabupaten Tahfidz

Penanda tanganan deklarasi KabupatenTahfiz.
Penanda tanganan deklarasi KabupatenTahfiz.

Koto Baru, Editor.- Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM mendeklarasikan Kabuapaten Solok sebagai Kabupaten Tahfidz, sekaligus mewisuda 1.319 orang tahfidz tingat SD dari dua angkatan, bertempat di Mesjid Islamic Center Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kamis  (31/1).

Hadir pada kegiatan tersebut Kakankemenag Sumbar diwakili Dr.John of Riezal One, Kakan Kemenag Kab Solok H. Alizar Chan, Kabag Kesra H. Asep Ajidin, Kabid Dinas Pendidikan Kabupaten Solok beserta seluruh siswa/ siswi yang diwisuda.

Dalam sambutannya Bupati Gusmal menyampaikan,  kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda pada Al Qur’an, proses yang dimulai sejak masih di bangku pendidikan.

“Pemerintah Kabupaten Solok berkomitmen membangun masyarakat yang reigi dan agamis dimulai dengan menggerakan program Tahfiz pada semua sekolah dengan memberdayakan Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah tersebut bersama Kementerian Agama. Untuk itu mari dukung program ini, agar kelak- anak-anak kita menjadi anak-anak yang berkahlak mulia, dadanya beirisi iman dan kepalanya berisi Al Qur’an,” kata Gusmal

Bupati juga mengucapkan terima kasih pada para Guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah, para guru mengaji di TPQ, MDTA dan Pondok Al Qur’an yang telah ikut membidani lahirnya seribu Hafiz dan jafizah di Kabupaten Solok. 

“Kepada para orang tua, jangan biarkan anak-anak kita hafalanya sampai disini, dorong terus mereka untuk meningkatkan hafalannya. Bila telah sampai hafalannya 30 juz tingkatkan kemampuan bacaan sampai pemahaman makna dan isinya,” harap Gusmal.

Sebelumnya Ketua Panitia H. Yanfarizal, M.Ag dalam laporannya menyampaikan, wisuda Tahfiz tahun 2019 ini diadakan dua angkatan, yakni hari ini tingkat SD dengan jumlah peserta 1.319 orang dan Sabtu tanggal 2 Februari 2019 nanti untuk tingkat SMP dan SMA/SMK. Total seluruhnya menjadi 2.043 orang.

“Kegiatan ini sekaligus wujud dari implementasi Magrib Mengaji dan Subuh Berjamah dilingkungan pendidikan,” kata Yanfarizal..

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Drs. H. Alizar, M.Ag pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini sebagai wujud dari kerjasama antara Kementerian Agama dengan Dinas Pendidikan dalam mewujudkan generasi muda agamis yang hafal Al Quran. 

“Kita berharap wisuda tahfiz ini menjadi pendorong suksesnya progran SUBP yang digagas oleh Hupati Solok. Para peserta tingkat SD yang wisuda hari ini minimal 1 juz, beberapa diantaranya ada yang sudah 2 juz, tiga juz hingga 5 juz,” kata Alizar Chan. ** Rhian/KobarHms

347 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*