Wagub Nasrul Abit, Kehadiran SMK IT Al Azhar Menjawab Tantangan 4.0

Wagub Nasrul Abit meletakkan batu pertama pembangunan SMK IT Al Izhar.
Wagub Nasrul Abit meletakkan batu pertama pembangunan SMK IT Al Izhar.

Agam, Editor.- Pendidikan di Sumatera Barat tidak lagi wajib 9 tahun tetapi kita sudah wajib 12 tahun. Dalam survey APM 39,6% belum tamat SMA sederjat, ini merupakan angka kumulatif se Sumbar meski sudah banyak profesor dan doktor yang tercipta di daerah ini. APM 39,9% merupakan tantangan besar kita bersama dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan dalam membentuk generasi yang maju beriman bertaqwa serta berilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada Acara Peletakan Batu Pertama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL IZHAR Islam Terpadu (IT) , di Kamang Hilia, Kec Kamang Magek, Kabupateb Agam, Sabtu, (7/7/2019)

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Sementara DPRD Sumbar Desrio, Anggota DPRD Ismunandi, Wakil Bupati Agam Trifanda Farhan Satria, Ketua DPRD Agam Novri Irwan,  Sekwan,  Camat Kamang Magek, Kepala Sekolah SMK Al Ishar Abdul Hamid, S.Pd dan Ketua perantau Minang Kaltim Jurnairi Jufhar, SH.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit katakan,  pemprov Sumbar memberi apresiasi dan sangat mendukung  kegiatan pembangunan ini untuk melahirkan sumberdaya manusia generasi unggul di Sumatera Barat.

“Kita mengharapkan agar jebolan SMK Al Izhar dalam menguasai bahasa asing, arab dan berpengetahuan yang luas kemajuan teknologi informasi dan keilmuan teknis lainnya agar memiliki daya saing menjawab tantangan revolusi industri four point zero (4.0) di era globalisasi pasar bebas dunia hari ini dan masa datang”, ungkap Nasrul Abit.

Wagub juga menyampaikan, dalam hal pembangunan Sumbar mempunyai tantangan yang tinggi karena daerah kita merupakan lebih banyak hutan lindung yang tidak bisa kita ganggu dan olah.

“Karena itu kita mesti membangun otak sumber daya generasi Sumbar yang unggulan untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sekaligus dapat menjawab tantangan era globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan dapat mengolah lahan yang ada menjadi lebih produktif dan berkualitas tinggi”, ajak Nasrul Abit Dt. Malintang Panai.

Wabup Agam  Trianda Farhan Satria dalam kesempatan itu menyampaikan,  peletakan batu pertama dalam pembangunan SMK IT Al Izhar merupakan sesuatu semangat pembangunan pendidikan yang tidak memisahkan antara pendidikan ilmu pengetahuan dengan prinsip-prinsip  kepribadian iman agama dan tidak ada sekularisme dalam dunia pendidikan.

“Atas nama Pemkab Agam menyampaikan ucapan terima kasih kepada suku pisang telah mewakafkan tanah pusako 1 Ha untuk pembangunan Sekolah ini yang bermanfaat untuk kemajuan pembangunan kabupaten Agam madani dalam pembentukan generasi unggul”, ujarnya

Wabup Trianda Farhan Satria menambahkan,  kehadiran sekolah ini telah ikut membantu salah satu program strategis pemkab Agam membangun sumber daya manusia.

“Kita berharap dengan dibangunnya boording school pondok pesantren SMK IT Al Izhar Akan muncul lulusan yang tidak saja  siap kerja akan tetapi lebih lagi yaitu siap untuk membuka lapangan kerja. 2 jurusan yang ada nanti di SMK IT Al Izhar ini dan salah satunya jurusan lokomotiv yang merupakan potensi yang sesuai dengan daerah kamang hilia, kec kamang magek. Dan ini juga akan berdampak banyak kepada masyarakat setempat, yang juga mampu memacu tingkat perekonomian di Nagari Kamang Hilia”, katanya senang.

Pendiri yayasan SMK IT Al Izhar H.Junairi Jufhar, SH Dt. Mangkudun juga mengatakan, faktor utama membangun mendirikan sekolah ini sebagai bentuk konkrit dalam membantu pemerintah membangun generasi SDM unggulan di nagari Cegek Kamang Hilia.Dan ini di ilhami dari al quran surat al raad, “Sesungguhnya tidak akan aku rubah suatu kaum kecuali mereka ingin merubah diri mereka sendiri”

“Atas nama yayasan Kamang Cendikia mengucapkan terima kasih pemprov Sumbar dan pemkab Agam beserta rombongan agar dapat dihadiahkan pahala yang berlipat ganda karena telah membantu dan mensupport kegiatan ini hingga terselenggaranya pembangunan SMK IT AL IZHAR.

Sementara itu kepsek SMK IT AL IZHAR Abdul Hamid,S.Pd, mengunkapkan. Lahan tanah ini merupakan Wakaf dari kaum Dr. Tmangguang Putiah, Dt. Pucuak dan Dt. Mangkudun dibawah pimpin Irwan Novi ketua yayasan Kamang Cendikia, sekaligus Ketua DPRD kab Agam. Semoga SMK IT AL IZHAR dapat membangun sdm yang lebih baik dan bermarwah bermartabak untuk nagari kamang hilia, kec kamang magek, kab Agam.

Lahan 1 Ha SMK IT AL IZHAR  merupakan cita-cita ” Pendiri Yayasan Kamang Cendikia yang telah dirintis 2 tahun sebelumnya. Dengan niat ikhlas mendirikan sekolah membentuk dan mencetak generasi Islam untuk kemajuan negeri. Jurusan SMK IT Al Izhar ada dua: Agrobisnis dan Jurusan Pariwisata Syariah. Merupakan jurusan yang sesuai dengan potensi di Kamang Hilia, Kec Kamang Magek. ** Zardi/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*