Wabup Solok Yulfadri Nurdin Buka Gelar Pentas Seni Anak Nagari di Surian

Pembukaan Pentas Seni di Surian.
Pembukaan Pentas Seni di Surian.

Surian, Editor.- Wakil Bupati Solok membuka acara pentas seni anak nagari se Kab Solokyang diikuti 16 grup kesenian dari Nagari 16 Nagari yang ada di Kabupaten Solok, bertempat di lapangan sepakbola nagari Surian,  Kec. Pantai Cermin,  Sabtu malam (27/7). 2019.

Hadir pada acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok, Edi Satria, S.Sn, M.Sn, Walinagari Surian, Erwin, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok,  Camat Pantai Cermin,  Krismon Dharma, Kapolsek dan Danramil Pancer,  Sekretaris Dewan Kesenian, Mulyadi, para waliagari se Kabuparten Solok dan juga pelatih dan pelaku seni serta grup kesenian se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Kesenian Kabupaten Solok yang sudah menghimpun seluruh grup dan sanggar kesenian yang ada di Kabupaten Solok.

“Melalui pentas seni ini  kita bisa memperkenalkan budaya kita kepada generasi penerus dan tidak kalah oleh budaya barat yang sangat gencar dan bisa diakses di internet dan televisi. Selain itu ajang ini bisa dijadikan untuk ajang berdiskusi sesama pelaku seni serta juga ajang silaturahmi bagi pelaku kesenian di Kabupaten Solok yang kita cintai ini,” kata Yulfadri Nurdin.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, Pemkab Solok sangat mendukung adanya grup-grup kesenian di setiap Nagari karena hal itu adalah budaya yang harus digali dan dilestarikan. Dari itu diharapkan kepada para Walinagari se Kabupaten Solok untuk menganggarkan pada APB nagari masing-masing untuk grup atau sanggar-sanggar yang ada di Nagari agar seni budaya tetap lestari dan terus dipertahankan sepanjang masa sebagai bentuk kekayaan seni budaya di Kabupaten Solok.

Sebelumnya Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria melaporkan, acara Apresiasi Peduli Kesenian Anak Nagari se Kabupaten Solok ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin tali silaturrahmi antara sesama pelaku seni juga sekaligus untuk menampilkan kesenian anak nagari se Kabupaten Solok serta juga untuk peduli seni yang ada di Nagari.

“Acara ini juga akan rutin dilaksanakan sekali sebulan dan untuk tuan rumahnya bergilir. Hingga saat ini kita sudah melaksanakan sebanyak Tujuh kali dan yang menjadi tuan rumah kali ini adalah Nagari Surian. Nagari pertama yang menjadi tuan rumah adalah Nagari Bukik Sileh Salayo Tanang yang berada di Kecamatan Lembang Jaya sekitar bulan November 2018 lalu. Untuk bulan Agustus 2019 mendatang, yang mendapat jatah untuk tuan rumah adalah Nagari Bukik Tandang,” kata Edi Saatria.

Grup atau Sanggar seni yang tampil pada acara tersebut antara lain grup atau sanggar  Bundo Maimbau dari Nagari Batu Bajanjang,  Kubang Reok dari Nagari Dilam,  Baringin Jaya dari Parambahan,  Tuah Sarumpun dari Limau Lunggo,  Riak Danau dari Simpang Tanjuang Nan Ampek,  Beta Sakato dari Cupak,  Harimau Sakato dari Aia Dingin,  IRCM dari Anau Kadok Talang,  Ateh Lubuak dari Koto Baru,  Timbulun dari Koto Anau dan lainnya. ** Rhian/Ismardi/Hms

588 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*