Untuk Membuka Isolasi di Pessel, Bupati Hendrajoni Akan Kebut Pembangunan Infrastruktur

Bupati Hendrajoni saat diwawancarai wartawan.
Bupati Hendrajoni saat diwawancarai wartawan.

Pesisir Selatan, Editor.- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, akan mengebut pembangunan infrastruktur jalan guna membuka isolasi tiga daerah Kabupaten Pesisir Selatan dengan Daerah Kabupaten Solok. Kemudian, membuka isolasi pembangunan jalan Kabupaten Pesisir Selatan dengan daerah Kabupaten Solok Selatan.

Hal itu diungkapkan Bupati Hendrajoni pada wartawan usai pembukaan Rakorbang Propinsi Sumbar, di Pangeran Beach Hotel, Senin 19 Agustus, di Padang.

Menurut Hendrajoni, “karena tiga daerah kabupaten itu saling menghubungkan dan dapat dihububungkan jika jalan itu telah dibangun.

Terutama sekali ruas jalan yang dilanjutkan sekarang dari daerah Bayang Pesisir Selatan menuju Alahan Panjang Kabupaten Solok. Dan, rencana dibuka isolasi pembangunan jalan dari daerah Kambang Pesisir Selatan menuju Muara Labuh Solok Selatan. Ketiga potensi daerah kabupaten itu bisa disandingkan baik tentang aspek pariwisata, kebudayaan, dan hasil pertanian lainya,” jelasnya.

Tentang seputar pembangunan jalan Kambang Muara Labuh dan Bayang-Alahan Panjang, lanjut Hendrajoni pula. “Ia, Hendrajoni dalam waktu dekat ini akan menghadap Presiden RI Joko Widodo guna merampungkan keinginan masyarakat Pesisir Selatan agar dapat dibangun akses jalan Kambang-Muara Labuh. Begitu juga agar dapat pula pembangunan jalan Bayang-Alahan Panjang cepat terselesaikan”, katanya.

Dijelaskan bupati Hendrajoni, “dengan rampungnya akses jalan Bayang-Alahan Panjang, maka terbuka potensi ekonomi dari Peisisir Selatan dapat berdagang ikan segar ke Kabupaten Solok. Begitu juga sebaliknya, dari Alahan Panjang dapat pula berdagang sayuran segar masuk ke Pesisir Selatan dengan bisa menghemat waktu relatif singkat.

Demikian juga, jika terkabulkan keinginan masyarakat, terbukanya akses jalan Kambang-Muara Labuh, maka terbuka pula potensi pariwisata yang berbeda, pula”, terangnya.

Ulas Hendrajoni, “potensi wisata yang ada di Pesisir Selatan seperti Rumah Mandeh Rubiah. Disamping potensi wisata alam yang indah disepanjang bibir pantai, serta cantikya kawasan wisata Mandeh Resort di Tarusan dan eloknya negeri wisata kawasan Puncak Langkisau dan indah Kota Painan.

Bila disandingkan paket perjalanan wisata oleh travel agance, maka potensi wisata budaya di Muara Labuh Solok Selatan adanya Seribu rumah Gadang Bagonjong.

Dualisme potensi wisata ini pungusaha travel agance akan lebih tertarik menawarkan paket perjalanan wisata kedaerah kita,” sebutnya.

Selain itu Hendrajoni juga membanggakan potensi pelabuhan laut Teluk Bayur serta potensi kekayaan alam lainnya yang ada di Pesisir Selatan, tutupnya.** Obral Chaniago

138 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*