UNP Tandatangani MoU dengan Pemko Payakumbuh, Prof Azyumardi Berikan Kuliah Umum

Foto bersama usai kuliah umum.
Foto bersama usai kuliah umum.

Padang, Editor.- Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Buka Bersama sekaligus menghadirkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam rangka panandatanganan kerjasama dan tokoh nasional sejarahwan Islam Prof. Azyumardi Azra sebagai nara sumber kuliah umum di Auditorium UNP, Rabu (17/5).

Kegiatan Buka Bersama ini dihadiri Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D., beserta jajarannya, wakil rektor, ketua senat, dosen, humas, staf, mitra, dan civitas akademika se lingkungan UNP.

“Buka Bersama ini dalam rangka silaturahim, meskipun tidak semuanya diundang karena tempat yang terbatas, mudah-mudahan berkah,” sebut Ganefri ketika memberi sambutan.

Menyoal kerjasama UNP dengan Pemko Payakumbuh, lebih lanjut Rektor UNP Prof. Ganerfi menerangkan MoU akan fokus kepada pengembangan pendidikan dan pembukaan kelas khusus untuk program study kuliner minang di Payakumbuh.

“Kita sangat apresiasi Kota Payakumbuh hari ini telah menyatakan diri sebagai kota kuliner yaitu rendang. Payakumbuh telah memiliki sentral rendang. Kami tertarik untuk memperkuat dan mengembangkan konsep sentral rendang tersebut dengan membuka program study kuliner atau tata boga khusus makanan khas minang,” ujar Prof.Ganefri.

Dikatakan, kedepan juga akan dikembangkan program study vokasi di Kota Payakumbuh sebagai tindak lanjut dari MoU ini.

Sementara, Walikota Payakumbuh menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan civitas akademika UNP karena telah diberi kesempatan untuk pengembangan pendidikan kuliner atau vokasi di Payakumbuh.

“Sebuah kehormatan bagi kami dengan kesediaan UNP melalui Pak Rektor dan para guru besar untuk mau membuka prodi kuliner minang di Payakunbuh. Ini tentu menunjang keberadaan sentral rendang sekaligus branding Payakumbuh Kota Randang (Payakumbuh The City of Randang,red),” ujar Walikota Riza.

Dikatakan, branding Payakumbuh Kota Randang merupakan upaya Pemko Payakumbuh untuk menciptakan sesuatu yang unik dan punya implikasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomindan kesejahteraan warga Payakumbuh.

“Pertumbuhan ekonomi Payakumbuh sebenarnya sudah diatas 6 persen, termasuk tertinggi di Sumbar, tapi kami tidak lantas puas, kami harus ciptakan sesuatu yang unik yang akan mendatangkan orang ke Payakumbuh. Kalau tidak maka orang luar hanya akan sampai di Padang sebagai ibukota provinsi,” terang Riza Falepi.

Ditambahkan, “Rebranding Payakumbuh City of Randang dengan sentra dan kampung rendang merupakan salah satu keunikan yang kami munculkan. Untuk itu, kami sangat berterima kasih atas kesediaan Pak Rektor membantu memperkuat keunikan itu melalui kerjasama kita kali ini,” tambah Riza.

Dikatakan Riza, pihaknya akan berupaya sebaik mungkin menindaklanjuti MoU tersebut melalui komitmen penganggaran. Kehadiran dirinya bersama wakil walikota menjadi tanda keseriusan Pemko Payakumbuh.

“Kita tidak ingin MoU tinggal MoU. Kita harus bersunguh-sungguh, tanpa kesungguhan, maka akan jadi hal sia-sia. Sebab ini bukan pekerjaan gampang, perlu kesungguhan. Bersungguh-sungguh saja belum tentu berhasil, apalagi tidak. Maka kehadiran kami dengan wakil walikota menunjukkan keseriusan itu,” pungkas Riza disambut tepuk tangan hadirin.

Pasca sambutan walikota Payakumbuh didampingi Wawako Erwin Yunaz, melakukan penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama dengan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP). MoU menyangkut Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat serta Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Program Kegiatan Pemerintah.

Penandatanganan MoU merupakan bagian dari kegiatan buka bersama civitas akademika UNP. Selain Wawako Payakumbuh turut hadir mendampingi Walikota dan Wakil Walikota adalah, Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kepala Bappeda Ifon Santria Can, Kadis Pendidikan diwakili Sekretaris Dasril, Kadis Kominfo diwakili Kabid Humas Irwan Suwandi.

Turut menyaksikan penandatanganan tersebut Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Azyumadi Azra yang didaulat sebagai penceramah, mantan Rektor UNP Prof. Z. Mawardi, para Wakil Rektor dan mantan Rektor UMSB, Prof. Sofwan Karim, para guru besar, dosen dan pejabat di lingkungan UNP.

Sementara Prof. Azyumadi Azra dalam kuliah umumnya mengulas tentang pendidikan Islam yang telah mengalami pembaruan dengan adanya sistem dan kelembagaan pendidikan Islam menjadi lebih profesional dan terbuka pada perkembangan zaman. Azra menyatakan, syarat pendidikan Islam modern adalah memiliki rasionalitas, demokratis, toleran terhadap perbedaan, berorientasi ke depan, dan tidak backward looking. ** Humas UN/Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*