Terkait ASN dan Honorer yang Nyambi Jadi Wartawan, Bupati Mentawai Ingatkan Dinas Kominfo

Pudjo, Plt Kadis Kominfo Kab Kep Mentawai.
Pudjo, Plt Kadis Kominfo Kab Kep Mentawai.

Mentawai, Editor  – Bupati Yudas Sabbagalet mengingkat Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai , sehubungan masih ada oknum pegawai honor dan ASN yang punya job dengan menjadi wartawan Koran mingguan dan media online.

“Ini yang menyebabkan wartawan di Mentawai tidak kompak dan tidak menjalankan tugas jurnalistik secara profesiona. Wartawan seharusnya kompak dan jangan salah tulis atau hanya menuliskan yang baik-baik saja,” kata Yudas Sabbagalet didampingi Plt Kadis Kominfo, Pudjo dan Kepala Inspektorat  Kab. Mentawai di aula kantor Bupati, Tua Pejat, Senin (29/4).

Menurut bupati, PNS dan pegawai honor tidak boleh punya dua job atau nyambi jadi wartawan media cetak dan online karena telah mendapatkan honor, apalagi bertindah sebagai penandatangan kontrak kerja dengan Donas Kominfo.

“Dua job ini berdampak pada APBD dan bendahara bidang pengeluaran Dinas Kominfo harus menyadari ini,” tegas Yudas Sabbagalet.

Lebih lanjut dikatakan bupati, tugas pegawai honor di Media Center Kominfo adalah membuat relis tentang dinamika pembangunan dan membagikannya kepada wartawan atau mengirimkannya ke redaksi media massa untuk dipublikasikan, bukan nyambi jadi wartawan.

Pada umumnya wartawan di Mentawai adalah ASN atau pegawai honor, terutama di Dinas Kominfo Kab. Mentawai. Bahkan ada yang punya media sendiri, sehingga berdampak tugas kehumasan dan profesinalisme kewartawanan. Salah satu diantaranya terkait untuk pariwara, iklan dan berlangganan media bagi wartawan yang bukan ASN atau pegawai Dinas Kominfo Ka, Mentawai.

Terkait hal ini, Kepala Ispektorat  Kab. Mentawai, Miko Siregar mencemaskan hal itu akan menjadi “temuan” oleh BPK dan berdampak terhadap penilaian kinerja bidang keuangan Pemerintah Kab. Kepulauan Mentawai.

“Diharapkan ketegasan kepada Dinas Kominfo dan masalah ini dicarikan jalan keluarnya. Artinya, masalah kehumasan berjalan sebagaimana mestinya dan tidak ada ‘temuan’ dalam hal keuangan oleh BPK.” Kata Miko Siregar.

Diantara media massa yang wartawannya juga ASN dan pegawai honor adalah Harian Haluan, Mingguan Indonesia, klikpsitif.com, GoSumbar.com dan mediasptincom. ** Afridon

1124 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*