Tari Basamo UNP Juara II Lomba Kreasi Seni di FIP-JIP 2019

Para Juara Lomba Kreasi Seni Pada acara Forum Pertemuan Ilmiah FIP-JIP di Universiats Negeri Malang.
Para Juara Lomba Kreasi Seni Pada acara Forum Pertemuan Ilmiah FIP-JIP di Universiats Negeri Malang.

Malang, Editor.- Kontingen Tari Basamo Universitas Negeri Padang (UNP) terpilih sebagai finalis Lomba Kreasi Seni Pada acara Forum Pertemuan Ilmiah FIP-JIP (Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan) se-Indonesia 2019, yang diselenggarakan FIP Universitas Negeri Malang (UM), 2-5 Oktober 2019 lalu.

Ketika dihubungi tim Humas UNP, Rabu (9/10), Dekan FIP UNP, Prof Rusdinal didampingi Indra Yeni, M.Pd, pembimbing tim Tari Basamo UNP membenarkan ditetapkan sebagai finalis sesuai dengan pengumuman hasil seleksi Panca Lomba FIP-JIP (Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan) 2019 Nomor 23.9.23/UN32.I/KM/2019, dimana tim Tari Basamo UNP ditetapkan diperingkat kedua setelah Undiksha-Denpasar Bali dengan Tari Pindekan Sunari, sementara peringkat ketiga, keempat dan kelima diraih Universitas Negeri Makasar (Tari Malluya of The Highland) , Universitas Negeri Jakarta (Tari Lenggang Amprok dan Unesa (Tari Adishakti).

Menurut Indra Yeni kontingen Tari Basamo UNP yang dipimpin Mardhatilah, dalam tarian ini menggambarkan kegiatan perempuan Minangkabau dalam bercocok tanam. Seiring perkembangan, kehadirannya mesin traktor yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, nilai kebersamaan dalam bercocok tanam harus dilestarikan.

“Valuenya itu, jadi pesan tarian ini tentang generasi muda yang wajib melestarikan nilai kebersamaan,” ungkap Mardhatillah Zulpiani, mahasiswi Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNP seperti yang dikutip Indra Yeni.

Selaku pembimbing Indra Yeni menerangkan lomba tari di FIP JIP 2019 ini merupakan salah satu ajang memperkenalkan budaya Minang.

Adapun tim Penari adalah Marditillah. Z,Dori Sri Wahyuni, Ririn Ariska, Chantika Agnes, Kheldi Musnika, Haura Asadi, dengan pembimbing selain Indra Yeni, M.Pd, juga Mia Fahmiati, M.Pd, Dr. Desyandri, M.Pd.

Sementara di bidang Lomba Artikel Ilmiah, Kontingen UNP berada diperingkat keempat, Lomba Inovasi dan Pembelajaran diperingkat lima, Lomba Website Ormawa tidak mendapat peringkat dan di bidang Lomba Penelitian Bidang Pendidikan kontingen UNP berada diperingkat ketiga.  ** Agusmardi/Humas UNP

184 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*