Tahapan Pilkades Kolok Nan Tuo Berlanjut, Adek Rossyie Mukri Nomor Urut 1

Adeks Rossyie Mukri menerima berkas nomor urut.
Adeks Rossyie Mukri menerima berkas nomor urut.

Kolok Nato, Editor.- Prosesi Suksesi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kolok Nan Tuo masabhakti periode 2019 – 2025 terus berjalan dengan baik, tertib, lancar dan sukses sesuai dengan agendanya. Program Perkenalan, Penetapan Calon Kepala Desa dan Pencabutan Nomor Urut Calon diselenggarakan Rabu malam 25 September 2019 di Aula Kantor Desa Kolok Nan Tuo.

Penetapan Bakal Calon menjadi Calon adalah Bahtel Riyanto (Ketua LPM Desa Kolok Nan Tuo & Ketua Kelompok Tani Sia Cumalagi dengan program pelaksana penanaman Varietas Benih Bersertifikasi Gadang Rumpun), Lisrianto (Mantan Kepala Desa Kolok Nan Tuo periode 2007 – 2013, Ketua P3MD Kolok Nan Tuo & Sekretaris Kelompok Tani Batang Kuluak dengan program Seribu Desa Mandiri Benih) dan Supriadi Mukri yang akrab dipanggil Adeks Rossyie Mukri (Kepala Desa Kolok Nan Tuo masabhakti periode 2013 – 2019, Sekretaris Umum APDESI Provinsi Sumatra Barat, Wartawan/Journalist dan Penulis di berbagai Mediamassa serta Pensiunan PNS dengan jabatan terakhir Kepala Seksi Atraksi Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bukittinggi).

Setelah dilakukan pencabutan nomor urut, maka Nomor Urut 1 Supriadi Mukri, Nomor Urut 2 Lisrianto dan Nomor Urut 3 Bahtel Riyanto. Ketua PPKD Kolok Nan Tuo Amhar dalam laporannya menyampaikan secara runtut dan lengkap prosesi Pilkades yang sudah dilaksanakan.

“Menjelang Pemilihan Serentak tanggal 17 Oktober 2019 ada beberapa agenda lagi yang segera diselenggarakan. PPKD beserta anggotanya, sesuai dengan Amanah Program Kegiatan sudah bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan Teknis lainnya,” kata Amhar.

Sementara itu Kepala Desa Kolok Nan Tuo yang diwakili Kepala Urusan Perencanaan Ratna Sundari dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kemitraan dan kerjasama yang sudah dilakukan PPKD. Sukses yang sudah diraih hendaknya dapat dubarengi dengan kinerja yang kebih baik kagi. Diantaranya, Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo berharap, PPKD bisa menjadi lembaga pelaksana Pilkades serta mampu menjadi Hakim atau Juri yang Objektif, Konstruktif dan Adil.

Kepada Calon Kepala Desa, Ratna menghimbau, agar selalu menanamkan nilai-nilai kebersamaan, ketatalaksanaan etika, moral, budaya, ketertiban dan kedamaian.

“Menghindarkan diri dari perbuatan tercela, menjauhkan fitnah, penghinaan dan perbuatan tidak menyenangkan dalam melaksanakan sosialisasi diri dan dalam kampanye program visi beserta misi. Tim Sukses pun diminta dapat mengendalikan diri serta menjaga stabikitas Kamtibmas,” pinta Ratna Sundari.

Ketua BPD Kolok Nan Tuo yang juga Camat Lembah Segar Kota Sawahlunto Afriandes, memberikan apresiasi dan menegaskan, hasil kerja dan kinerja PPKD Kolok Nan Tuo sangat baik, tepat waktu, sistimatis, terjadwal, terintegrasi, kerjasama dan memenuhi regulasi yang melandasinya. “Mudah-mudahan PPKD Kolok Nan Tuo menjadi pelaksana TERBAIK Pilkades Serentak tahun 2019 di Kota Sawahlunto yang diikuti 11 desa,” kata Afriandes.

Ketua KAN Kolok Ir. H. Dahler Jamaris Dt. Pangulu Sati, M.Sc menyatakan, Pilkades adalah sebuah agenda suksesi kepemimpinan berjangka dengan masa bhakti yang sudah diatur menurut undang-undang. Dalam era demokrasi siapapun memiliki hak dan kesempatan untuk ikut dalam program ini yang juga dilindungi oleh peraturan perundang-undangan. Namun dari sekian banyak piranti dan elemen perundang-undangan, peran Ninik Mamak, Pemangku Adat, Alim Ulama, Cadiak Pabdai, Bundo Kanduang, Pemuda dan Stake-holders lainnya sangat penting sekali.

“Harmoni kehidupan akan terjalin dengan baik. Rasa kebersamaan dan nilai-nilai luhur sosial manusia, kemanusiaan dan manusiawi masih terjaga dengan baik. Masing-masing calon Kepala Desa memiliki prestasi yang berbeda. Namun dalam bingkai Adat, Budaya dan Agama kita diikat oleh tali persaudaraan dan tali silaturrahim yang kukuh dan tak boleh putus. “Untuk itu Pilkades Kolok Nan Tuo kita jadikan moment memperkukuh tali silaturrahim, kebersamaan, kedamaian dan keharmonisan hidup. Maka kita sepakat dan bertanggungjawab menyatakan Pilkades Kolok Nan Tuo Pilkades Badunsanak,” tegas Dt. Pangulu Sati. ** Dinno Kembara

157 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*