”Semoga Semua Sadar”

Ery Mefri.
Ery Mefri.

Ini bukan persoalan kalah menang atau siapa yang akan jadi presiden lagi sebab bagi orang Minang dan semua kita dinegri ini siapapun yang terpilih itu adalah presiden kita semua. Kita semua sangat mencitai negeri ini.

Untuk kita pendukung dan yang mendukung siapapun janganlah jadi seorang pengecut, perlihatkan jati diri kalian yang sesungguhnya !

Jangan berlindung dibalik nama dan akun palsu di social media, untuk menghujat orang kampung sendiri dan “basipakak” ketika tempat kelahiran saudaramu, anak istrimu. orangtua yang membesarkan kalian sedang dihina dan dihujat dengan tudingan Garis Keras dan Malin Kundang.

Tanya nurani dan rasa kenanusiaanmu sebagai orang Minang apa masih punya kehormatan dan harga diri.

Untukmu Prof Mahfud MD, janganlah menilai Minang sebelum mengenalinya secara baik dan mendalam. Pimpinan bagi kami cuma didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting. Sedangkan yang dihargai adalah pemimpin yang mau serta mampu duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Karena itu anda bagi kami belum termasuk dalam level itu.

Untuk kita sebangsa, apakah tidak ada yang mau menyadari dan membaca keadaan, bahwa semuanya musnah dalam sekejap akibat saling menghujat dan menyakiti dalam pesta demokrasi yang biasanya kita banggakan. Etika yang telah hilang, adat yang tak lagi terpakai, kesantunan yang sudah entah dimana, persahabatan yang tidak lagi berkejelasan, persaudaraan yang mati tanpa alasan hingga hilangnya harga diri dan kehalusan budi.

Untuk kembali menyadari kebodohan serta merajut yang telah begitu terkoyak ini rasanya akan memakan waktu yang mungkin sangat lama. Semoga semua kita sadar akan itu. ** Ery Mefri

** Penulis adalah koreografer internasional dan pemerhati budaya

396 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*