Ribuan Siswa SMP dan MTS se Kab. Sijunjung Ikuti Giat Penggalang dan Kepalangmerahan

Para peserta Giat.
Para peserta Giat.

Sijunjung,Editor.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kwarcab 0303 Sijunjung mengadakan kegiatan Giat Prestasi Penggalang danKepalangmerahan di Bumi Perkemahan Calau, Subarang Sukam Nagari Muaro, Selasa (14/10).

Kegiatan Giat Penggalang dan Kepalangmerahan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, selalu Ketua Majelis Pembimbing Cabang 0303 Sijunjung dan disambut dengan meriah oleh Barisan Pramuka dengan Tari Gelombang.  

Tahun lalu kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari 32 Gudep SMP, 2 Gudep MTS dengan jumlah peserta 860 orang, sedangkan peserta Kepalangmerahan dengan jumlah 100 orang. Tahun ini meningkat menjadi 42 Gudep dan 2 kwaran.peserta ±1000 0rang

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk giat lomba keterampilan kepramukaaan., seperti tapak perkemahan, pionering, sholat jenazah, kerampilan memasak, ketangkasan di air dan giat pembinaan kedisiplinan lainnya.

Dalam sambutannya ketua pelaksana kegiatan ini , Ramler, SH yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sijunjung mengharapkan, kedepannya di setiap Kwartir atau Gugus Depan membuat program untuk menciptakan agen-agen perubahan sebagai panutan dan sebagai motor penggerak perubahan di Kwartir Ranting.

”Yang paling penting adalah bagaiman hasil yang didapatkan serta dapat diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan seorang pramuka ditingkat satuan pendidikan dan masyarakat. Teruslah menjadi pramuka yang peduli dalam berbagai situasi dan kondisi. Semoga pramuka bisa dan mampu mengambil peran dalam gerakan pramuka madani dan mandiri,” kata Ramler..

Sebelumnya Kabid Paud & PNF  Syamsul Bahri  dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan implementasi kurikulum 2013 dalam mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi menjadi pijakan didalam pengembangan kurikulum 2013, dan menjadikan pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar dan Menengah.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan unsur alam dan kebutuhan melestarikannya dan mengembangkan sikap tanggung jawab dirinya serta membina kerjasama, persatuan dan persaudaraan, sehingga diberikan tema menumbuhkan sportifitas berlomba dalam jalinan persaudaraan,” terangnya.

Dalam kegiatan ini SMPN 7 Sijunjung di Muaro berhasil meraih dinobatkan sebagai Gugus Depan Tergiat 1, Tergiat 2 SMPN 14 Sijunjung di Padang Layang Layang dan Tergiat 3 SMPN 13 Sijunjung di Pematang Panjang. ** WD

239 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*