Pemko Solok Gelar Pelatihan PPRG Bagi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah

Wawako Reinier saat memberi sambutan.
Wawako Reinier saat memberi sambutan.

Solok, Editor.- Wakil Wali Kota Solok Reinier membuka pelatihan Pengawasan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Kota Solok, bertempat di Hotel Imelda, Kota Padang, Selasa (15/10).

Turut hadir, Ketua GOW Kota Solok Ny.Elfia Reinier, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, S.Sos, serta para peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang.

Reinier dalam arahannya mengatakan, Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Dengan implementasi PPRG diharapkan perencanaan dan penganggaran dapat lebih ekonomis, efektif, efisien serta mengurangi kesenjangan penerima manfaat pembangunan (ekuiti),” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, S.Sos, dalam laporannya mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan APIP dalam pelaksanaan PPRG, meningkatkan kompetensi APIP dalam melaksanakan audit dan review PPRG, serta tercapainya percepatan implementasi PUG dalam pembangunan.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang auditor APIP se Kota Solok. Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini ialah pembangunan PUG di Kota Solok, integrasi PUG dalam siklus perencanaan dan penganggaran, prinsip-prinsip tahapan dan instrumen PPRG, peranan auditor dalam pengawasan PPRG, serta praktek penyusunan program kerja pengawasan . ** Suhardi Syam

255 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*