Pemkab Tanah Datar Rencanakan Danau Singkarak Jadi Geopark

Sekdakab Tanah Datar saat memberi sambutan.
Sekdakab Tanah Datar saat memberi sambutan.

Batusangkar, Editor.- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam memaksimalkan berbagai potensi daerah terutama dibidang pariwisata telah melakukan berbagai langkah strategis dan satu demi satu pekerjaan rumah terus dikerjakan, untuk  menggarap potensi alam Kabupaten Tanah Datar  untuk itu  diperlukan penanganan serius dari semua pihak.

Guna  menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mematangkan persiapan Geopark melalui kegiatan perencanaan Singkarak menuju Geopark Nasional 2020,dengan mengadakan Focus Group Discussion Geopark Tanah Datar Selasa (23/10) bertempat  di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi mengatakan, Geopark adalah pembangunan yang dilakukan dengan berbasis lingkungan. 

Menurut Irwandi, pengembangan Danau Singkarak menjadi kawasan Geopark memiliki tiga aspek penting yakni aspek konservasi, edukasi, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Nantinya, pariwisata kita di Tanah Datar ini akan kita bungkus dengan Geopark tersebut. Paling menarik dari Geopark Singkarak nantinya adalah kerja sama dua Kabupaten yaitu Tanah Datar dan Kabupaten Solok,” kata Irwandi.

Irwandi menambahkan, Geopark Danau Singkarak tidak hanya untuk target Nasional, akan tetapi hingga diakui oleh Internasional nantinya.

“Target kita kan tidak boleh muluk-muluk, sampai Singkarak Geopark ini diakui Unesco nantinya, sehingga pariwisata Tanah Datar ini diminati Turis mancanegara. Alhasil, ekonomi masyarakat akan meningkat dengan sendirinya,” jelasnya.

Irwandi mengharapkan usaha sungguh-sungguh dari dinas terkait dan seluruh elemen masyarakat Tanah Datar untuk mendukung Singkarak menuju Geopark 2020 ini.

Persiapan Singkarak menuju Geopark Nasional tersebut telah direncanakan Pemkab Tanah Datar dari Juli 2019 hingga September 2020 mendatang.

Dian Hadiansyah  tim pokja Geopark Ranah Minang Dian Hadiansyah menjelaskan, Tujuan adanya Geopark adalah untuk memuliakan bumi mensejahterakan masyarakat. Geopark berguna sebagai instrument handal untuk melawan, menjaga dan mendidik masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Selain itu masyarakat juga akan menerima dampak baik dari Geopark ini, yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat serta alam yang terjaga dengan baik,”Bisa terlaksananya Geopark ini tergantung dari Bupati,Wakil Bupati dan Sekda yang mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya,” ungkap Dian Hardiansyah

Persiapan Singkarak menuju Geopark Nasional 2020 tersebut, Pemkab Tanah Datar mengusulkan sebanyak 20 lokasi di Tanah Datar untuk dijadikan kawasan Geopark, salah satunya adalah kawasan Danau Singkarak.

Meski demikian, Singkarak menuju Geopark nasional 2020 masih memerlukan tahap pematangan konsep, kelengkapan data lokasi dari Pemerintah Daerah, serta tinjauan lapangan dari Pusat Survei Geologi.Harapan Singkarak menjadi Geopark Nasional pada tahun 2020 mendatang, tentunya menjadi harapan bersama bagi masyarakat Tanah Datar. Peserta dari FGD Geopark ini adalah kepala OPD terkait dua daerah yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar dan Wali Nagari beserta BPRN yang ada disekitar Danau Singkarak ** Jum

344 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*