Meski Sebuah Keniscayaan, Jalan Kambang – Muara Labuh Masih Punya Secuil Harapan

Kabid TNKS Wilayah II Sumbar Yunaidi.
Kabid TNKS Wilayah II Sumbar Yunaidi.

Padang, Editor.- Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni kini sedang gencar-gencarnya mengurus dan menyuarakan terbukanya akses jalan Kambang-Muara Labuh. Bahkan telah sampai ke Presiden RI, agar rencana pembangunan jalan baru Kambang-Muara Labuh dapat dikabulkan petinggi negara Indonesia.

Terkait hal tersebut, Editor melakukan wawancara khusus dengan Kepala Bidang (Kabid) Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Wilayah II Propinsi Sumbar, Yunaidi, Rabu 28 Agustus, di ruangkerja.

Menurut Yunaidi, sudah lebih dari sepuluh tahun, mulai dari Bupati Darizal Basyir sampai dengan sekarang Bupati Hendra Joni menginginkan memang sangat menginginkan terkabulnya pembukaan jalan Kambang – Muara Labuh. Namun hal itu rasanya sangat sulit untuk mewujudkannya.

Masalahnya, berkaitan dengan telah meningkatnya status TNKS jadi situs warisan dunia. Dari itu tentu pemerintah Indonesia dari tingkat pusat dan daerah memegang teguh amanah internasional tersebut.

Selain itu, kompensasi dari peningkatan status tersebut, Sumbar memperoleh banyak bantuan dari organisasi internasional yang terkait dengan situs warisan budaya alam. Dengan demikian. Sumbar akan banyak dikunjungi tourisme agance internasional dari objek situs warisan budaya alam TNKS.  

“Karena pemerintah propinsi Sumbar dan pemerintah pusat telah berkomitmen menjaga kelestarian dari ancaman, panas bumi, tak terjadi perambahan hutan, tak ada rencana pembangunan jalan serta ada beberapa point penting yang harus ditaati oleh pemerintah indonesia,” terang Yunaidi.

Namun menurut Yunaidi, masih ada secuil harapan, agar bisa meretas TNKS untuk pembukaan akses jalan Kambang – Muara Labuh, yakni komitmen Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pemberdayaan Pendidikan Budaya Masyarakat, Puan Maharani serta, MoU dengan Unesco. ** Obral

420 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*