Jamaah Haji Kabupaten Limapuluh Kota Bersiap Meninggalkan Tanah Suci

Hendri,
Hendri,

Limapuluh Kota, Editor.- Rangkaian puncak haji 1440 H di Tanah Suci telah dirampungkan oleh jutaan jemaah dari berbagai penjuru dunia. Setelah selesai melaksanakan wukuf, jemaah haji asal Indonesia, khususnya dari Kabupaten Limapuluh Kota masih terus melakukan berbagai ibadah sunah, sembari bersiap meninggalkan Arab Saudi untuk selanjutnya pulang kembali ke tanah air.

Melalui pesan Whatsapp, pada Selasa (20/8), salah seorang petugas kesehatan kloter 10 Padang, Hendri, mengatakan bahwa saat ini jamaah Limapuluh Kota dalam keadaan sehat.

“InsaAllah jamaah asal Limapukuh Kota sampai saat ini sehat walaupun sedikit ada yang batuk. Untuk kepulangan kami berangkat dari bandara jedah tanggal 25 agustus 2019 jam 12.00 WAS (Waktu Arab Saudi). Insa Allah akan sampai jam 02.00 Wib dini hari tanggal 26 Agustus 2019 di Padang.,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, kami juga berkesempatan menghubungi Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, perihal perkembangan dan kondisi terkini jamaah Haji asal Kabupaten Limapuluh Kota. Dia mengatakan menjelang keberangkatan menuju tanah air, selain melaksanakan ibadah sunah, jamaah tengah melakukan penuntasan segala urusan Haji, baik itu tuntas ibadah maupun tuntas DAM dan tuntas administrasi.

Selain itu, untuk jamaah haji yang tidak mempunyai cukup bekal, diadakan gerakan soto sakaki untuk membayar beberapa kewajiban seperti DAM ganti diri, pasalnya gelombang 1 termasuk haji tamattu (haji bersenang senang), umrah dulu baru ibadah haji. Untuk itu, dikenakan DAM ganti diri sebesar 490 Rial per orang.

“Alhamdulillah para jamaah sehat semua, tapi memang ada beberapa jemah yang merasa kelelahan dan kurang fit. Saat menjelang pulang ini kita tengah melakukan penuntasan urusan haji untuk semua jemaah, baik tutas ibadah, tuntas rangkaian ibadah dan tuntas DAM bagi yang telanggar larangan Ikram,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Arwital saat ditemui di Ruangannya mengungkapkan rasa syukurnya karena seluruh jamaah haji yang berjumlah 368 orang, dalam keadaan sehat dan dapat melaksanakan Wukuf di Padang Arafah.

“Alhamdulillah, mudah mudahan menjadi Haji yang mabrur, Insya Allah seluruh jamaah haji Limapuluh Kota diperkirakan akan sampai sekitar jam 02.00 Wib di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), dari BIM langsung menuju Embarkasi, dicek kesehatan dan segala persiapan, setelah melaksanakan sholat Subuh, jamaah akan langsung menuju Sarilamak,” sebutnya. ** Yus

61 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*