Dr. Masnadi, Ekonomi Syariah Selaras Dengan ABS-SBK

Masnadi.
Masnadi.

Padang, Editor.- Pembangunan dan pengembangan ekonomi syariah adalah salah satu solusi dalam meningkatkan perekonomian dan masalah social kemasyarakatan lainnya di Sumatera Barat. Selain mayoritas penduduknya Islam, falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS0SBK)sangat relevan dengan ekonomi syariah yang kini sedang digalakkan di beberapa daerah di Indonesia,

Hal itu diungkapkan Dr. Masnadi, S.Kom, M.Kom, calon anggota DPR RI nomor urut 2 dari Partai Bulan Bintang (PBB) Dapil 1 Sumatera Barat, setelah bersafari di daerah pemilihannya dan berdialog dengan masyarakat  selama dua minggu.

Pada bincang singkat di kantor DPW PBB Sumbar, Masnadi, putra Kuranji, Padang tersebut mengungkapkan, sosialisasi  dan pembudayaan ekonomi syariah harus segera dimulai oleh pemerintah dan lembaga terkait lainnya di Sumatera Barat.

“Pengembangan ekonomi syariah akan berdampak positif dalam upaya secara bertahap pada budaya konsumtif dan hedonisme yang telah merasuk jauh ke dalam kehidupan masyarakat. Salah satu sarana yang dibutuhkan untuk itu adalam pendirian lembaga ekonomi syariah berbentuk Baitul Mal atau BMT di nagari-nagari, selain mengembangkan melalui lembaga pendidikan,” kata Masnadi, pakar ekonomi syariah di Bank Indonesia Pusat, sebelum membangun usaha sendiri dan dan terjun ke dunia politik.

Menurut Masnadi, pengembangan dan pembudayaan ekonomi syariah harus dimulai dengan pembuatan dan penetapan regulasi secara nasional. Untuk itulah dia memberanikan diri terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, karena lembaga inilah yang akan melahirkan Undang Undang yang terkait dengan ekonomi berbasis syariah.

“Dari itu saya berharap do’a dan dukungan masyarakat Sumbar agar bisa berbuat lebih banyak dalam pengembangan ekonomi syariah  melalui lembaga legislative,” kata Masnadi yang juga menyatakan akan tetap mewajudkan tekadnya membudayakan ekonomi syariah walau dia belum mendapat kesempatan menjadi anggota DPR RI pada Pemilu tanggal 17 April mendatang. ** Rhian

597 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*