Dr. Fauzi Bahar, MSi: Musik Qasidah Harus Ditumbuhkembangkan

Fauzi Bahar saat menghadiri Lomba Qasidah Tingkat Kota Padang.
Fauzi Bahar saat menghadiri Lomba Qasidah Tingkat Kota Padang.

Padang, Editor.- Musik qasidah merupakan salah satu sarana dalam pengembangan syi’ar Islam yang perlu ditumbuhkembangkan, terutama sebagai kegiatan positif bagi generasi muda Islami yang menyukai seni musik

Hal itu diungkapkan Fauzi Bahar, mantan Walikota Padang selama dua peride yang kini mencalonkan ddiri sebagai anggota DPR RI dari Partai NasDem untuk Wilayah I Sumbar, dalam sambutannya pada Lomba Qasidah Tingkat Kota Padang yang digelar di Asrama Haji Embarkasi Sumbar, Padang, Kamis (15/2).

“Melalui seni musik qasidah banyak pesan agama, moral dan pembinaan akhlak generasi muda yang bisa disampaikan. Selain itu juga merupakan salah satu cabang kesenian yang indentik dengan syi’ar Islam dan sudah memasyarakat, terutama di Sumatera Barat pada umumnya dan di Padang khusunya,” kata Fauzi Bahar yang selama menjadi Walikota Padang sangat peduli dengan syi’ar Islam dan kegiatan yang bernuansa Islami.

Di era kepemimpinan Fauzi Bahar sebagai walikota, Padang dikenal sebagai pionir Pesantren Ramadhan dan pemasyarakatan Asma Ulhusna, baik ditingkat anak-anak dan remaja, maupun tingkat dewasa. Di era itu pula mulai dimasyarakatkan pemungutan zakat bagi pegawai negeri dan wajib memakai jilbab bagi pelajar dan siswa beragama Islam dan pengembangan Didikan Subuh sebagai sarana pendidikan dan pengembangan agama Islam untuk generasi muda.

Lomba Qasidah Tingkat Kota Padang ini berlangsung selama dua hari (15 – 16/2) yang diikuti 48 grup Qasidah dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Padang. Bagi para pemenang terbuka kesempatan untuk diikutkan pada  Lomba Qasidah tingkat nasional di TMII Jakarta pada bulan Mei mendatang. ** Desri

365 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*