DPRD Sumbar Tetapkan Ranperda Pendirian PT Sijunjung Sumbar Energi

Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim saat menanda tangani nota kesepakatan tentang pendirian PT Sijunjung Sumbar Energi
Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim saat menanda tangani nota kesepakatan tentang pendirian PT Sijunjung Sumbar Energi

Padang, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Rabu 21/8/2019 dalam rapat paripurna menetapkan Ranperda Pendirian Perseroan terbatas (PT) Sijunjung Sumbar Energi.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir Hendra Irwan Rahim dalam pidatonya menyampaikan, provinsi Sumatera Barat memiliki potensi minyak dan gas bumi yang cukup besar yang dapat dijadikan sumber pendapatan daerah untuk mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selama ini potensi tersebut belum dieksploitasi sehinga belum dapat memberikan kontribusi pada daerah dan masyarakat Sumatera Barat. Dengan diterbitkanya POD 1 atas Blok Sinamar oleh kementerian SDM pada awal tahun 2018 ,maka proses eksploitasinya akan segera dimulai oleh PT RBBE yang menjadi pemegang  KKS pada Blok Sinamar tersebut.

Dalam pasal 34 Peraturan pemerintah Nomor 35 tahun 2004 diamanatkan,, sejak disetujuinya rencana pengembangan lapangan yang pertama kali akan diproduksi satu wilayah kerja, kontraktor wajib menawarkan Participating Interes 10% atau yang dikenal PI 10 % ,kepada daerah melalui Badan Usaha Milik daerah (BUMD).

Maksud dari penawaran PI 10 % tersebut adalah, memberikan kesempatan  kepada pemerintah daerah melalui BUMD ikut serta dalam proses eksploitasi di daerahnya. Dengan demikian.Pemerintah daerah akan mendapatkan hasil yang lebih besar, selain bagi hasil pajak.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada rapat paripurna 1 Juli 2019 lalu, Gubernur telah menyampaikan ke DPRD, Ranperda tentang pendirian Perseroan  Terbatas (PT)  Sumbar Energi, untuk dapat dibahas dan disepakati bersama DPRD. Sesuai dengan ruang lingkup tugas`masing masing Komisi,Ranperda tentang pendirian Perseroan terbatas PT  Sumbar Energi, dibahas oleh Komisi III Bidang keuangan dan perbankan.

Selaras dengan alokasi waktu yang berikan, Komisi III,telah melaksanakan tugasnya dengan sungguh sungguh sehinga dapat merampungkan pembahasan terhadap tententang pendirian Perseroan terbatas (PT) Sumbar Energi.

Pada kesemlatan ini atasnama pimpinan DPRD, menyamoaikan apresiasi dan ucapan terfima kaksih kepada Komisi III atas kerja keras dan kesungguhanya dalampembahasan Ranperda tentang pendisirn Perseroan terbatas (PT)  Sumbar Energi tersebut.

Nama Perseroan berubah dari PT Sumbar Energi menjadi PT Sijunjung Sumbar Energi. Perubahan nama perseroan bertujuan untuk lebih menjelaskan posisi dan kedudukan Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam perseroan tersebut, jelas Hendra.

Sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Otonomi daerah Nomor 188.34/4293/OTDA tanggal 12 Agustus 2019 perihal fasilitasi Ranperda Provinsi Sumatera Barat, terdapat beberapa penyempurnaan. Judul dari pendirian perusahaan Perseroan daeah .diubah dengan perseroan Terbatas (PT). Tujuan pembentukan Perseroan  dari semula menguasasi dan menerima PI 10% dirubah menjadi mengelola PI 10 %., kegitan usaha perseroan dari menerima PI 10 % dirubah menjadi mengelola PI 10%.

Acara rapat paripurna ini  dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan  Rahim yang dihadiri oleh Gubernur dan wakil Gubernur Sumbar  Irwan Prayitno dan Nasrul Abit, pimpinan OPD dijajaran pemprov Sumbar, anggota Forkopimda dan undangan lainnya. * Herman  

168 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*