Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus IKAB

Pengurus IKAB bersama Bupati Agam Indra Catri,Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi,Sekda Tanah Datar Irwandi,Ketua DPRD Tanah Datar dan Agam.
Pengurus IKAB bersama Bupati Agam Indra Catri,Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi,Sekda Tanah Datar Irwandi,Ketua DPRD Tanah Datar dan Agam.

Batusangkar, Editor.- Pengurus Ikatan Keluarga Agam/Bukittinggi (IKAB) Priode 2019-2024 dikukuhkan oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi ,Minggu (25/8) bertempat di Gazebo Indo Jalito Batusangkar/

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Irwandi menyatakan . Warga asal Agam dan Bukittinggi yang ada di Tanah Datar  adalah warga Tanah Datar juga, di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, saciok bak ayam, sadanciang bak basi, mari kita bersama  membangun Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini

Kontribusi warga  Agam dan Bukittinggi  cukup besar bagi Tanah Datar dan begitu juga dengan warga-warga lain yang berdomisili di Batusangkar dan sekitarnya.

Maka dari itu saya mengajak semua masyarakat mendukung program pemerintah daerah dan bersama-sama membangun Tanah Datar. “Kami menyadari kontribusi warga Tanah Datar yang berasal dari Agam dan Bukittinggi  sanagt besar  dalam perkembangan dan kemajuan pembangunan di Tanah Datar,” ungkap Irwandi.

Selanjutnya Irwandi menyatakan . Berbagai profesi dan jabatan di sebahagian besar diisi oleh warga kita dari Luhak Nan Tangah ini mulai dari pedagang, wartawan, petani, saudagar, pegawai negeri dan swasta dan juga  berbagai jabatan di pemerintahan ,Hal  ini merupakan potensi yang sangat besar bagi kita di Tanah Datar untuk membangun daerah ke depan, dan ikatan kekeluargaan ini sudah terjalin semenjak lama, dan tentunya ini tetap dipertahankan. Dan diharapkan  pertemuan rutin  bisa dilaksanakan dalam  bentuk nyata  guna menjalin  hubungan silaturrahmi sesama warga IKAB,harap Irwandi

Sebelumnya Ketua IKAB Altri Suandi dalam sambutannya   menyampaikan ucapan terima kasih pada Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah, Bupati Agam, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Ketua DPRD Kab. Agam, Ketua DPRD Tanah Datar dan pejabat lainnya baik dari Tanah Datar maupun Kab. Agam dan Kota Bukittinggi yang telah berkenan hadir pada saat pengukuhan tersebut. 

Paguyuban kekeluargaan IKAB ini sudah lama terbentuk bahkan sejak tahun 1990- an sudah eksis, namun sebagai suatu organisasi tentu ada juga pasang surutnya. Yang mana semenjak dua tahun lalu Ketua IKAB  Syukri Iska  menyerahkan kepemimpinannya kepada saya sebagai Penjabat Sementara (Pj) hingga berjalan kepada dirinya yang ditunjuk pejabat sebagai Penjabat Sementara (Pj), hingga berjalan  dua tahun dan akhirnya terbentuk kepengurusan baru dan dikukuhkan hari ini..

“Saat ini juga sudah didata dan divalidasi seluruh keanggotaan IKAB yang berjumlah sebanyak 284 Kepala Keluarga (KK) namun jumlah ini belum seluruhnya terdata, diperkirakan jumlahnya lebih banyak lagi,” ujar  Altri Suandi.

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya menyatakan .Seluruh warga Agam dan Bukittinggi yang berada di Tanah Datar ini agar  selalu menjaga silaturrahmi, baik sesama ikatan kekeluargaan maupun dengan masyarakat di lingkungan masing-masing. 

“Kita sebagai masyarakat Agam, yang kuat  beragama,  kewajiban  kita  lima waktu menghadap Allah SWT  jangan sampai ditinggalkan dan kita sebagai masyarakat yang di perantauan harus memaknai pepatah minang yang bunyinya “ kaluak paku, kacang balimbiang, tampuruang lenggang-lenggangkan, baok bajalan ka saruaso, anak dipangku, kamanakan dibimbiang, urang kampuang dipatenggangkan, kana nagari jaan binaso,” ujar Indra Catri

Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi dalam sambutannya senada dengan Bupati Agam menyampaikan .Agam dengan Bukittinggi tidak bisa dipisahkan karena Bukittinggi merupakan Luhak Agam. 

Untuk itu kepada seluruh  warga  IKAB yang ada di Tanah Datar  agar  hubungan emosional dengan kampuang halaman tetap dijaga ,walaupun  hanya merantau dekat ibaratnya merantau sabaliak dapua, namun antara rantau dengan kampung halaman tentu tidak bisa dipisahkan,Warga IKAB harus mendukung program,maupun kebijakan yang di keluargan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah datar.pesan Irwandi

Seusai acara pengukuhan pengurus dilanjutkan dengan acara silaturrahmi dan hiburan dendang berhadiah (KIM) yang memperebutan 90 jenis hadiah sumbangan dari warga IKAB yang ada di Tanah Datar dan acara dendang berhadiah ini berakhir sampai pukul 18.00 wib ** Jum

251 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*