Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM: Profesionalisme Mutlak Dalam Pengembangan Koperasi

Bupati Gusmal bersama peserta pelatihan.
Bupati Gusmal bersama peserta pelatihan.

Padang, Editor.- Tuntutan profesionalisme, pembagian kerja, penguasaan teknologi informasi serta kemampuan menejerial keuangan merupakan sejumlah tuntutan mutlak yang benar-benar harus dijawab dengan tepat oleh perkoperasian.

Telah banyak koperasi dalam manajemen organisasi, permodalan dan keuangan memakai dan memanfaatkan teknologi informasi berbentuk penerapan aplikasi keuangan berbasis IT. Untuk itu para peserta pelatihan perlu mengkaji lagi, bahwa setelah lebih dari setengah abad kita membangun dan mengembangkan koperasi, kita memang wajib melakukan evaluasi sejauh mana koperasi memainkan perannya dalam perekonomian.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya pada pembukaan Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Tempat : Rocky Hotel,  PadangRabu (16’10).

Lebih lanjut dikatakan bupati, dengan pelatihan ini diharapkan dapat menjawab tantangan dalam upaya membangun dan mengembangkan koperasi pada sector pengelolaan atau manajemen keuangan.

“Pada kesempatan ini kita tingkatkan wawasan dari pada penggerak koperasi untuk dapat mengelola koperasi menjadi koperasi yang kuat dan mandiri serta lebih maju dan berkembang dimasa yang akan datang,” kata Gusmal.

Sebelumnnya ketua pelaksana kegiatan, Eva Nasri, SH, MM menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas SDM,  khususnya pengrus dan pengawas koperasi di Kab Solok mengenai sistem akuntansi koperasi.

Diharapkan SDM maupun kualitas kelembagaan koperasi telah mampu melaksanakan penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan koperasi dengan baik dan pada akhirnya dapat melaksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu.

Peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari 25 orang pengrus dan 15 orang pengawas koperasi, Pelaksanaan kegiatan pelatihan akuntansi bagi pengrusan dan pengawas koperasi ini dilaksanakan dari 16 s/d 18 oktober 2019.  

“Sampai hari ini jumlah koperasi di wilayah Kab Solok sebanyak 129 koperasi dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 79 koperasi dan tidak aktif sebanyak 50 koperasi. Pada tahun ini juga telah ada calon koperasi yang bakal tumbuh sebanyak 5 koperasi,” jelas Eva Nasri.

Lebih lanjut dijelaskannya, pada tahun 2018 pemerintah daerah telah memberikan bantuan hibah berupa aplikasi sistem informasi akuntansi USP koperasi kepada 2 koperasi, Yakni Koperasi Kubung Gantung Ciri Dan Koperasi Pertanian Tunas Inti Padang Belimbing. Untuk tahun 2019 dihibahkan kepada KPRI guru-guru SD Kec x Koto Diatas. Aplikasi ini bertujuan memudahkan dalam melakukan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan koperasi.

Hadir pada kegiatan ini Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, Kepala Dinas Koperasi Eva Nasri, SH, MM, Kabag Kerjasama Daerah Devi Pribadi, S.Sos, seluruh peserta pelatihan. ** Rhian/Olga/Hms

243 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*