Apel Peringatan Hari Jadi Satpol PP, Damkar, Linmas Diikuti Ribuan Peserta

Apel Hut Damkar, Satpol PP dan Linmas di 50 Kota.
Apel Hut Damkar, Satpol PP dan Linmas di 50 Kota.

Limapuluh Kota, Editor.- Dalam rangka memperingati hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) serta Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana di Kabupaten Limapuluh Kota, Pemkab Limapuluh Kota menyelenggarakan Apel Besar di halaman kantor Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Sarilamak, Senin (8/4).

Dalam Apel tersebut tampak hadiri ribuan peserta apel yang terdiri dari anggota Satpol-PP, Damkar, BPBD dan Linmas Kabupaten Limapuluh Kota serta unsur Forkopimda Limapuluh Kota, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota

Pada kesempatan itu, Bupati Limapuluh  Kota, H.Irfendi Arbi membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Dalam amanat tertulisnya Mendagri  menyebutkan peringatan hari ulang tahun ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas ini adalah momentum untuk meneruskan dedikasi perjuangan mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat.

“Peringatan hari ulang tahun 3 instansi ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu Mendagri mengajak dan mengingatkan peserta upacara yang terdiri atas Damkar, Satpol PP, Satlinmas dan BPBD Limapuluh Kota itu untuk selalu menjadikan Ideologi Pancasila bangsa sebagai sarana pemersatu bangsa serta mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Dalam peringatan HUT ke-100 pemadam kebakaran, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas ini saya mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,”sambungnya.

Baginya, Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas harus berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan, termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia, seperti Pemilu Serentak 2019 sebagai elemen penting kehidupan demokrasi.

Peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya. Tugas damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.** Yus

1110 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*