Anggota DPRD Sumbar Ikuti Orientasi di BPSDM Kemendagri

Ketua DPRD Sumbar Supardi poto bersama saat mengikuti Orientasi
Ketua DPRD Sumbar Supardi poto bersama saat mengikuti Orientasi

Padang, Editor.-  Anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 mengikuti orientasi di BPSDM Kemendagri , Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala BPSDM Dr Teguh Setyabudi, Selasa (8/10/2019) di BPSDM Kemendagri, Jakarta.

Menteri Dalam Negari yang diwakili oleh Kepala BPSDM Kemendagri Dr Teguh Setyabudi mengatakan, dia menyambut baik kegiatan ini karena mempunyai makna penting bagi upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya sebagai  Anggota DPRD yang harus terus dilakukan dan berkesinambungan.

Hal ini juga sejalan dengan rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020 dengan fokus pada pembangunan sumber daya manusia dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Sebagaimana dipahami bersama bahwa DPRD terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan Umum yang dipilih melalui mekanisme pemilihan yang lansung umum bebas rahasia, jujur dan adil (luber jurdil).  Melalui mekanisme pemilu inilah ,rakyat memiliki kedaulatan didalam memilih dan menentukan wakil terbaiknya di DPRD.

Dalam kontek pemerintahan daerah, DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dengan berkedudukan sebagai mitra sejajar kepala daerah  dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah .Oleh karena itu ,DPRD memiliki potensi penting dalam melaksanakan program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai mitra sejajar kepala daerah, DPRD memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi efektivitas ,produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan didaerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban tugas wewenag dan fungsi DPRD,” jelas Teguh.

Kasubag humas dan protokoler DPRD Prov Sumbar Lasuadi menyampaikan, acara orientasi anggota DPRD Sumbar ini akan berlansung dari tanggal 7sampai 10 Oktober 2019/ Untuk angkatan  pertama ini jumlah anggota DPRD Sumbar yang ikut Orientasi sebnyak 56 orang ,sedangkan sisanya menyusul untuk angkatan II ditempat yang sama.  ** Herman  

213 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*