82 Siswa SMKN 2 Batusangkar Laksanakan PKL

Kepala SMKN 2 Batusangkar Drs.Syafren sedang memberikan pengarahan.
Kepala SMKN 2 Batusangkar Drs.Syafren sedang memberikan pengarahan.

Batusangkar, Editor.- Kepala Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri (SMKN) 2 Batusangkar Drs. Syafren melepas sebanyak 82 orang siswa kelas XI untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), bertempat di Aula SMKN 2 Batusangkar Bukit Gombak Senin (15/4)

Siswa tersebut yang terdiri dari Program Keahlian  Agribisnis Tanaman, Program Keahlian Agribisnis Ternak Unggas, Program Keahlian Alat Mesin Pertanian, Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian,Program Teknik Pengelasan dan Program Keahlian Teknik Kenderaan Ringan.

Kepala Sekolah Syafren dalam arahannya mengatakan, Program PKL  disusun bersama antara SMK dan Dunia Industri (DUDI) yang menjadi Institusi/Industri Pasangan (IP) dalam pelaksanaan PKL, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai peserta PKL, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi DUDI terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK.

Tujuannya adalah; Memberi pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun dan mengembangkan kepribadiannya yang berkerakter sesuai dengan nilai-nilai  positif yang tumbuh dan diperlukan  aleh masyarakat, khususnya di dunia kerja yang ditekuni.

Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja sesuai tuntutan pasar kerja global.Memenuhi hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai keutuhan standar kompetensi lulusan dan Mengaktualisasikan salah satu bentuk aktifitas dalam penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan institusi Pasangan yang memadukan secara sistimatis.dan sistemik program pendidikan di sekolah (SMK) dan program penguasaan keahlian di Dunia Kerja (DUDI)

Manfaatnya bagi peserta didik adalah; Mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.Menambah wawasan mengenai dunia kerja khususnya berupa pengalaman kerja langsung (real) dalam rangka menanamkan iklim kerja positif yang berorientasi pada mutu proses dan hasil kerja. Menambah dan meningkatkan kompetensi serta menanamkan etos kerja yang tinggi sesuai  dengan budaya industri, sesuai dengan tuntunan nilai-nilai yang tumbuh dari budaya industri.

Manfaat bagi sekolah adalah .terjalinnya hubungan kerja yang saling menguntungkan antara sekolah dengan dunia industri (DUDI). Meningkatkan relevansi dan efektivitas program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum,proses pembelajaran, teaching faktor dan pengembangan  sarana dan prasarana praktik.  

Selanjutnya Syafren mengatakan, “Kepada orang tua siswa yang anaknya mengikuti PKL agar bisa memberikan motifasi dan juga mempersiapkan baik itu mental anak dan juga hal-hal lain untuk kelancaran PKL anak.”

Ditekankan oleh Syafren bawasanya “ PKL adalah suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas XI dan salah satu syarat untuk menentukan kelulusan nantinya” tambah Syafren

PKL ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dimulai tanggal 15 April 2019 s/d 24 Juni 2019 mereka disebar di kota Padang,Payakumbuh,Solok,Bukittinggi,Lintau dan di Kota batusangkar sendiri

Pelepasan siswa tersebut juga dihadiri oleh orang tua siswa,ketua komite sekolah,Guru Pembimbing dan Guru Ketua Program Kejuruan (KPK). ** Jum

123 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*