77 Advokat Baru Diambil Sumpahnya oleh Ketua PT Padang

Foto bersama usai pengucapan sumpah.
Foto bersama usai pengucapan sumpah.

Padang, Editor.- Sebanyak 77 orang advokat baru diangkat dan dilantik oleh DPN Peradi serta diambil sumpahnya oleh H. Husni Rizal, SH selaku Ketua Pengadilan Tinggi Padang di The Axana Hotel Padang, Selasa (10/9) yang disaksikan oleh 2 orang hakim tinggi Pengadilan Tinggi Padang. 

Mereka yang diambil sumpah dan dilantik itu sudah melewati prosedur berupa Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), lulus ujian profesi advokat dan pemagangan di kantor advokat.

Dalam kesempatan itu Husni Rizal mengingatkan advokat untuk menjaga integritas dan moral dalam membela hak-hak klien. “Sesuai undang-undang, advokat adalah penegak hukum, sama dengan polisi, jaksa dan hakim,” ujarnya.

Tidak ada lagi katanya, kongkalingkong antara advokat dengan penegak hukum dalam pengurusan perkara. Selain itu Para advokat muda juga diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan.

“Sebagai advokat boleh saja diskusi dengan polisi, jaksa atau hakim sekalipun, tetapi bukan mengurus perkara. Banyaklah membaca, diskusi dengan senior. Ilmu itu terus berkembang dan dinamis, maka harus terus asah kemampuan,” tutur Husni.

Senada dengan itu, Sekjen DPP Peradi, Hasanuddin Nasution juga mengatakan hal yang sama. Ia juga mengingatkan kepada advokat yang baru untuk senantiasa menjaga integeritas dengan memahami etika, dan jalankan profesi dengan baik. Para advokat juga harus senantiasa menambah kompetensi dan ilmu pengetahuan.

“Ilmu hukum itu dinamis, makanya advokat harus terus berupaya tingkatkan kapasitas,” lanjut Hasanuddin.

Pihaknya juga mengapresiasi kerjasama Peradi Padang dengan Pemkab Kepulauan Mentawai terkait pelaksanaan PKPA. Penandatangan kerjasama ini di lakukan di sela-sela pelantikan dan pengambilan sumpah 77 advokat baru itu. “Ini sejarah, pertama Peradi bekerjasama dengan Pemkab yang memfasilitasi warganya ikut PKPA, Bagaimana tidak, Pemkab bersedia memfasilitasi warganya untuk menjadi penegak hukum yang akan memperjuangkan masyarakatnya mencari keadilan,” katanya.

Sementara Ketua DPC Peradi Padang, Hanky Mustav Sabarta mengingatkan anggota Peradi terlkait kewajiban memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu yang tengah memperjuangkan keadilan, sesuai dengan tuntutan undang-undang.

Pelantikan ini katanya yang keempat kalinya bagi advokat Peradi Padang dalam tiga tahun terakhir. Pihaknya juga menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kapasitas para advokat.  ** Risko

572 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*